Home

Selasa, 23 Maret 2010

Tutorial Java Bagian 2

Membuat Aplikasi Pertama di Java (Under Windows Platform)

Waktunya untuk membuat aplikasi pertama mu! Ini instruksi terperinci untuk para pemakai Platform Microsoft Windows.

Untuk membuat sebuah program Java kamu membutuhkan:

1. The J2SE TM Development Kit (Silakan Download di situs Sun)
2. Sebua htext editor. Sebagai contoh, kita gunakan NotePad

Aplikasi pertama mu, Helloworldapp, hanya akan menampilkan teks "Hello World!". Untuk menciptakan program ini, kamu harus:

  1. Buat suatu file sumber. file sumber berisi teks, yang ditulis menggunakan bahasa Java, kamu dapat menggunakan editor teks manapun untuk membuat dan mengedit file sumber.
  2. Compile file sumber itu ke dalam sebuah file . kelas. Compiler Java, Javac, mengambil file sumber mu dan menterjemahkan teks nya ke dalam instruksi Java Virtual Machineyang di pahami. Instruksi yang dimasukkan di dalam file ini dikenal sebagai bytecodes.
  3. Jalankan program. Java launcher (java) digunakan oleh Java Virtual Machine untuk menjalankan aplikasi.

Pertama-tama tulis kode sample program hello world dibawah di notepad

class HelloWorldApp {
public static void main(String[] args) {
//Menampilkan teks Hello World!
System.out.println("Hello World!");
}
}

Hati-hati saat mengetik

Ketik semua kode, perintah, and nama file persis dengan yang di contohkan diatas. compiler (javac) dan launcher (java) merupakan case-sensitive ("A" dan "a" adalah berbeda).

Save (simpan) file diatas dengan nama “HelloWorldApp.java” termasuk tanda kutip. simpan di folder bin dimana instalasi java di simpan. Secara default biasanya di C:\Program Files\Java\jdk(versi)\bin. Anda bisa saja menyimpan file java dimana saja asalkan anda sudah mendaftarkan java di variabel environment sistem windows sehingga program java compiler dan java launcher bisa dipanggil tanpa harus masuk dulu ke folder dimana program-program tersebut disimpan atau apabila ingin lebih mudah download IDE (Integrated Development Program Untuk Java) seperti JCreator, sehingga anda tidak perlu dipusingkan dengan cara-cara lama dalam meng-compile file java. untuk saat ini kita pakai cara standar dulu (lumayan aga ribet juga ya)


Compile File Sumber

Buka "command," window. Kamu dapat mambukanya dengan mengklik Start menu lalu pilih MS-DOS Prompt (Windows 95/98) atau Command Prompt (Windows NT/XP), atau menjalankan Run... lalu ketik cmd.

Lalu masuk ke folder bin di mana file java disimpan (C:\Program Files\Java\jdk(versi)\bin). Contoh:

cd C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_17\binlalu ketikan perintah dibawah ini:

javac nama file, contoh: javac HelloWorld.java

Perintah diatas memanggil java compiler/ javac untuk mengcompile file HelloWorld.java. Coba anda cek ke folder dimana file tersebut disimpan maka akan ada file baru bernama HelloWorld.class. Sekarang file tersebut sudah menjadi sebuah program yang bisa dijalankan (HelloWorld.class), Jalankan program dengan mengetikan perintah:

java HelloWorld

Apabila berhasil maka akan muncul teks HelloWorld di layar. biasanya untuk percobaan pertama bagi proggramer pemula sering terjadi kegagalan saat compiling, saat melakukan compiling file java akan ada pesan error apabila ada kesalahan dalam penulisan kode program dan biasanya adalah kesalahan dikarenakan kesalahan pengetikan karakter (ingat java case sensitve) atau ada karakter yang tertinggal seperti ; (semi colon, dijava pada setiap akhir statment selalu diakhiri dengan ;/ semicolon seperti System.out.println ("Hello World!");


<< Sebelumnya -- Berikutnya >> 1 , 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar